1
71

Awalmula Sejarah Batik di Indonesia Full dengan Penjelasan [LENGKAP]

Sejarah Batik – Hallo guys come back to my article ^_^ kalau tadi udah bahas tentang Motif Batik sekarang kita harus paham juga bagaimana sejarah batik itu guys. Saya akan sedikit menjelaskan tentang sejarah batik ini (yang saya tahu).

Yupps mungkin langsung saja agar cepat tahu dan mungkin ada tugas dari sekolah atau kekepoan anda sendiri ^_^. Baca samapi bawah ya guys, selamat membaca:

OOOHH IYA biar ilmu andanya menjadi berkah alangkah baiknya kita membaca do’a sebelum membaca, baca dengan kepercayaan masing-masing ya.

Sejarah Batik Indonesia

https://ukhwahkawan.com/motif-batik/

Good News from Indonesia

Sejarah batik awalnya berasal dari peninggalan masyarakat Jawa. Batik ini adalah warisan yang telah di berikan UNESCO sebagai salah satu warisan untuk budaya lisan dan Nonbendawi pada tahun 2009. Pengakuan penobatan ini dilaksanakan secara resmi pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.

Sekarang setiap tanggal 2 Oktober 2009, telah di kenal sebagai Hari Batik Nasional, yang mana hal tersebut mengungkapkan rasa syukur.

Secara teknik Indonesia di nilai dari simbol dan budaya yang terikat erat dengan kehidupann masyarakat indonesia itu sendiri. Dengan begitu batik asli Indonesia tidak bisa di tiru oleh negara manapun, karena batik Indonesia memiliki kekhassanya sendiri. Karena sebelumnya batik Indonesia pernah sesekali diklaim sebagai warisan nenek moyang negara lain.

Batik Indinesia sudah di kenal oleh seluruh penjuru Mancanegara. Bukan hanya terkenal oleh orang-orang jawa saja, batik ini sendiri sudah menyebar di seluruh pulau yang berada di indonesia.

Baju yang bermotif batik pun bukan hanya orang jawa yang memakainya. Sekarang kain batik sendiri telah di anggap pakaian yang resmi yang cocok untuk di pakai di dalam acara apapun.

Bahkan bukan hanya orang yang berkebangsawanan yang bisa memakainya, anak muda di seluruh Indonesia sering menggunakan baju batik untuk mendatangi acara-acara tertentu.

Seperti halnya Pernikahan, pertemuan antara guru atau acara ulang tahun, wisudawan dan wisudawati DLL. Mangkanya itu batik sangat di gemari oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Awal Sejarah Batik

Cinta Pekalongan,com

Jika kita lihat awal mula sejarah batik yang awal mulanya sejak abad ke-17 Masehi. Pada saat itu baatik masih di lukis menggunakan daun lotar dan papan rumah adat.

Motif batik itu sendiri juga masih belum memiliki farian. Corak dan motifnya masih dominan dengan tanaman dan binatang. Para pengerajin batiknya juga belum terlalu banyak. Pada saat itu membuat batik hanya digunakan sebagai kesenangan pengerajin sendiri.

Perkembangan Batik

Medium.com

Pada perkembangannya, sejarah batik itu sendiri telah menarik perhatian pembesar Kerajaan Majapahit. Pada saat itu juga pembuatan batik telah berkembang pesat.

Yang dahulu bahan awalnya  dari kulit dan sebagainya sekarang berganti menjadi kain putih polos atau kain yang berwarna terang. Karena kita dapat merasakan dari kain putih itu sendiri motif yang didapat lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk pemanfaatan yang lebih luas.

Motif batik tidak hanya berkisar kepada hewan dan tumbuhan saja. Tetapi sekarang motif batik ini menjadi motif abstrak, motif candi, motif awan, motif wayang beber dan lain sebagainya. Batik telah di gunakan dari zxaman dahulu, yaitu pada saat berdirinya kerajaan Majapahit.

Setelah kerajaan majapahit menggunakan kain batik sebagai busana khasnya, akhirnya kain batik telah tersebar kepenjuru kerajaan lain. Karena terkenal nya batik tersebut, akhirnya para pembesar-pembesar kerajaan mataram, kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan kerajan-kerajaan yang telah menjadikan kain batik sebagai simbol budaya Indonesia.

Tetapi pada saat agama islam datang dan telah mempengaruhi banyak dari masyarakat, motif batik yang bergambar binatang sudah di hilangkan. Karena kain batik kain batik yang bergambar binatang di anggap menyalahi syariat agama islam.

Mengapa motif batik hewan tidak di perbolehkan oleh agama islam? Jelasnya, karena agama islam di larang untuk menggambar makhluk yang bernyawa aplagi ada matanya. Hal ini di percayai akan menjadi rumah atau tempat tinggalnya bangsa jin.

Mangkanya batik tersebut sudah di hapus dan di tiadakan. Kecuali bila pembuatannya di samarkan menggunakan lukisan-lukisan lain, seperti Pohon, sawah, rumah adat, DLL.

https://ukhwahkawan.com/motif-batik/

Pesona.travel.com

Untuk teknik pembuatannya sendiri, pada saat pengolahan batik saat itu hanya ada teknik batik tulis. Dan para pembatik biasanya masih menggunakan teknik membatik tersebut. Karena masih belum ada tenik membatik yang lainnya. Dan pengerajin batik pada saat itu masih sangat feminim atau sangat sedikit.

Pada zaman dahulu, pengerajin batik masih menggunakan bahan-bahan alami untuk mewarnai batik yang mereka buat. Biasanya bahan yang di gunakan untuk mewarnai batik adalah Daun jati tinggi, mengkudu, pohon nila dan soga. Dankalau untuk sodanya para pembatik zaman dulu masih menggunakan soda abu dan tanah lumpur.

Pada zaman dahulu batik hanya di gunakan untuk kaum yang memiliki derajat yang tinggi dan bermartabat. Biasanya hanya para bangsawan saja yang mengenakan kain batik tersebut. Dan batik zaman dulu hanya terbatas di ruang lingkup kraton.

Dan taklama kemudian batik mulai berkembang dengan pesat. Akhirnya masyarakat bawah juga ikut mengenakan kain batik. Dari sinilah corak batik mulai memiliki banyak ragam dan motif. Karena pembuatannya juga sesuai dengan minat dan jiwa seni para pembatik.

Setelah berjalannya waktu yang cukup lama, sejarah batik mulai berubah karena adanya perkembangan teknologi. Teknik batik yang di gunakan dulu hanya dengan cara di tulis, sekarang sudah berkembang dengan menggunakan batik cap dan batik printing.

Cara pembuatan batik ini mulai berkembang setelah terjadinya peperangan Dunia ke-1 dan masa modernisasi kian meyebar.

Teknik batik cap dan printing sendiri di anggap teknik yang sangat efisien. Karena tidak memerlukan waktu yang panjang untuk membuat sebuah maha karya batik.

Walaupun begitu, ke-2 teknik ini masih kalah dari segi kualitas di mata dunia karena kurang memiliki nilai estetis.

Sejarah batik dari perkembangan tidak berhenti di situ saja, karena pada masa sekarang batik tidak hanya di jadikan sebagai corak pakaian saja. Banyak dari perlengkapan pernak-pernik asesories yang bisa kamu kenakan sekarang seperti contohnya Sepatu, dasi, tas juga helm.

karyataskulitbatik.com

Bahkan baju-baju kedinasan, seragam sekolah, seragam guru dan lain sebagainya menggunakan motif batik sebagai pilihan utama. Karena motif dari batik itu sendiri yang lebih bebas dan memiliki nilai budaya, yang membuat batik itu punya nilai tersendiri dimata masyarakat.

Show Comments

No Responses Yet

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.