691

6 Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus dengan Mudah & Cepat

Cara membuat bingkai foto dengan kardus. Kardus adalah bahan limbah rumah tangga yang sering terabaikan, dan juga biasa dijual ataupun dibuang jika sudah tidak diperlukan lagi.

Kardus ini memiliki banyak manfaat salah satunya bisa dijadikan kerajinan, entah itu bingkai foto, mainan anak, tempat buku dan lain-lain. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia harus bisa memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita, seperti halnya membuat bingkai foto dari kardus ini.

Langkah-langkah Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Membuat bingkai foto dari kardus tidaklah hal yang susah, hanya saja kamu harus memiliki ketekunan dan imajinasi yang kuat supaya bingkai foto bisa terlihat indah dan menarik. Sebelum kamu membuat bingkai foto, kamu harus tahu desain dan ukuran yang akan kamu buat agar tidak bingung nantinya.

Ingin tahu gimana langkah langkah dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto? Mangga langsung cek di bawah.

1. Siapkan Alat dan Bahan

home.co.id

Alat dan bahan-bahan yang kamu perlukan saat pembuatan bingkai foto adalah sebagai berikut.

Alat:

  1. Gunting
  2. Pemotong
  3. Penggaris
  4. Lem
  5. Cat Warna (Jika kamu butuh untuk mewarnai bingkai foto)
  6. Spidol

Bahan yang dibutuhkan untuk bingkai foto:

  1. Kardus bekas (usahakan yang tebal)
  2. Kertas kado (Untuk melapisi bingkai foto)
  3. Manik-manik (Jika kamu perlu untuk menghiasi bingkai foto)

Saya meyaran untuk kamu yang akan membuat bingkai foto berukuran sedang atau besar untuk menggunakan kardus minyak. Karena kardus minyak memiliki tekstur yang tebal dan kuat tidak mudah rusak.

Dan untuk kamu yang ingin membuat bingkai foto berukuran kecil, saya sarankan untuk menggunakan kardus susu sereal atau lain sebagainya.

2. Potong kardus

WordPress.com

Setelah kamu mengumpulakan alat dan bahan yang dibutuhkan, sekarang kamu bisa memulai langkah pemotongan kardus. Sesuaikan ukuran potongan bingkai dengan bingkai yang ingin kamu buat.

  1. Potonglah kardus yang ingin digunakan, dan pisahkan kardus yang tidak digunakan.
  2. Buatlah dua bagian, yang berdasarkan depan dan belakang bingkai foto.
  3. Pastikan kamu memotong kardus dengan ukuran yang lebih besar dari pada ukuran fotonya.
  4. Setelah memotong kardusnya, kamu rapihkan potongan kardus yang akan dibuat untuk bingkai foto dan tentukan ukuran bingkai foto yang akan kamu buat.

Jika kamu ingin meletakkan foto sebesar 4 x 6 kamu bisa memotong kardus dengan ukuran 4 x 8. Dengan begini, kamu akan memiliki bingkai yang memiliki ukuran 1 inci disekelilingnya, dan mungkin akan terlihat lebih indah.

Jika ukuran yang sudah saya tetapkan tidak memuaskan, maka kamu bisa mengukuranya sendiri dengan ukuran yang kamu suka.

Baca juga : Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Rugi Kalau gak Lihat

3. Lubangi Bagian Tengah Bingkai Foto

Arrozak.com

Langah ketiga dari pembuatan bingkai foto adalah memotong kardus pada tengahnya, supaya bisa dimasukkan foto yang akan kita pajang nantinya.

Jika kamu ingin menaruh foto yang berukuran 4 x 6 maka potonglah dengan ukuran tersebut. Namun, untuk kamu yang ingin memotong lebih dari ukuran foto, perlu tidak ada celah yang tertinggal dalam bingkai tersebut.

4. Menghias Bingkai

google.com

Nah, kamu telah memasuki tahap yang sangat penting, yaitu mewarnai bingkai foto atau memberi hiasan/dekorasi pada bingkai foto.

  • Langkah pertama adalah silahkan mewarnai bingkai foto dengan foto.
  • Buatlah hiasan dengan warna yang kamu suka dan kemudian buatlah pola dari warna tersebut (Kamu bisa membaut pola kesukaan kamu, seperti pohon, bintang, gunung dan lain lain.
  • Kemudian tambahkan hiasan pada bingkai foto, seperti manik-manik, kancing, stiker, pita, kertas hias dan apapun yang kamu suka.

Untuk menempelkan hiasan pada bingkai foto, kamu bisa menggunakan lem atau double tape. Dan jika kamu ingin tongkatnya lebih awet atau permanen kamu bisa menggunakan lem yang kuat agar tidak mudah rusak.

Namun, untuk kamu yang mudah bosan, saya sarankan kamu menggunakan double tape. Karena akan lebih mudah dilepas dibandingkan lem dan juga double tape tidak akan merusak bahan yang di tempelinya.

5. Tutup Bingkai Foto dengan Sampul Belakang

Dekoruma.com

Setelah kamu selesai menghias bingkai fotonya, sekarang kamu bisa menyatukan bagian bingkainya. Bagian kanan akan menutupi bagian belakang sesuai dengan ukurang bingkai bagian depan agar ukurannya sama.

Langkah selanjutnya adalah letakkan bingkai pada bagian bawah, lalu pasang foto yang akan kamu pajang, dan tutup menggunakan bingkai bagian depan.

Rekatkan kompilasi elemen tersebut dengan lem sehingga benar-benar menembel dengan kuar dan sekiranya tidak mudah lepas.

Kamu bisa melapisi dengan plastik bening agar bingkai foto tersebut terlihat seperti kaca. Namun, palstik yang kamu tempelkan harus kamu ganti dalam hitungan bulan, karena plastik tersebut tidak tahan lama dan lama kelamaan akan buram.

6. Buat Dudukan Bingkai Foto

klikfadli.com

Nah, sekarang kita menuju langkah terakhir dalam pembuatan bingkai foto dari kardus adalah dengan membuat dudukan di belakang, suapaya bingkai foto dapat berdiri tegak.

Inilah langkah-langkah dalam pembuatan dudukan bingkai foto.

  • Carilah kardus yang sekiranya kuat untuk menopang bingkai foto.
  • Kemudian potong kardus dengan bentuk seperti dasi (gambar di atas)
  • Jangan lupa untuk menyesuaikan panjangnya sama rata dengan bingkai.
  • Tempelkan dudukan pada belakang bingkai.

Nah, setelah kamu melakukan cara ini semua maka kamu menghasilkan bingkai foto yang elegan. Walau hanya dengan menggunakan bahan kardus, tetapi tidak di sangka kerajinan yang kamu buat menjadi menarik dan elegan.

Terimakasih telah berkunjung di web kami, dan semoga kamu mendapatkan apa yang kamu cari dari artikel kami ini. See you next time

Show Comments

No Responses Yet

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.