B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Polyester

4 min read

review kain polyester

Bahan polyester termasuk salah satu bahan kimia yang di buat melalui tahapan kimia yang cukup panjang, sehingga termasuk salah satu jenis kain sintesis.

Bahan sintesis hanya bisa di peroleh melalui proses kimia di pabrik saja. Serat yang diambil oleh kain ini berasal dari petrolium atau minyak bumi. Aneh ya minyak kok bisa menghasilkan serat kain.

Tapi siapa sangka jika minyak bumi dapat di manfaat sebagai bahan kain. Bahkan sudah banyak kekayaan alam yang di manfaat sebagai bahan bahan pembuatan kain.

Ciri-ciri Bahan Polyester

jenis jenis kain polyester yang sering digunakan untuk membuat fashion wanita dan pria.
dekoruma.com

Mungkin banyak dari kita tidak bisa membedakan mana kain polyester dan mana kain non polyester. Nah, berikut adalah beberapa contoh membedakan kain polyester dengan benar.

1. Serat yang lentur

Motif dari kain polyester sangat lentur, tapi kain ini tidak mudah melar seperti kain pada umumnya. Kain ini cocok digunakan untuk membuat pakaian keseharian sehingga bisa awet tahan lama.

2. Awet dan tidak mudah berkerut

Selain tidak mudah melar, kain ini juga sangat awet serta tidak mudah kusut saat di kenakan, sehingga kain ini akan awet atau bertahan lama tanpa menurunkan serat atau kualitas bahan secara keseluruhan.

3. Penyerapan keringat buruk

Walau kain polyester ini terbilang awet tahan lama, tidak mudah melar dll, bahan kain tidak bisa kita andalkan untuk menyerap keringat yang berlebih, sehingga kain ini tidak nyaman di kenakan ketika cuaca panas.

4. Dapat menimbulkan iritasi

Karena bahan ini pembuatannya berbahan kimiawi, maka ada beberapa orang yang bilang jika kain ini dapat menimbulkan iritasi yang cukup mengganggu seperti gatal-gatal dan kulit menjadi kemerahan

5. Tahan terhadap bahan Kimia

Kain satu ini juga kebal melalui proses pencucian secara kimia, dry cleaning, ataupun menggunakan pelarut jenis organik.

6. Mudah terbakar

Nah, yang ke-6 adalah kain polyester ini sangat mudah terbakar sehingga sebaiknya kita menjauhkan atau simpan dengan baik agar jauh sumber api atau peralatan yang bermuatan listrik.

7. Mudah kering

Kain satu ini selain mudah untuk di cuci juga sangatlah mudah untuk di keringkan walau dengan suhu tidak panas sekalipun, ketika di jemur kain ini tidak perlu waktu lama sehingga sangat baik apabila di gunakan pada pakaian yang sering dipakai seperti seragam.

8. Anti kuman, jamur dan bakteri

Keistimewaan kain ini adalah tidak mudah terkena atau tercemar kuman, bakteri, atau jamur sehingga akan sangat berguna jika bahan polyester digunakan untuk perlengkapan tidur.

Proses Pembuatan Kain Polyester

proses pembuatan kain polyester dengan benar dan baik
dekorumah.com

Ada 2 cara dalam pembuatan kain polyester yang mana secara langsung maupun tidak langsung. Ingin tahu bagai mana caranya? Berikut 2 cara peroses pembuatan kain polyester.

1. Metode pertama (langsung)

Untuk metode yang pertama adalah membuat PET, setelah PET terbuat dan terbentuk dari hasil polimerisasi, maka selanjutnya PET tersebut akan di salurkan langsung menuju mesin spinning yang juga di sebut pompa bose yang kemudian aka dibentuk menjadi benang dan akan melalui pendinginan serta pungulungan.

2. Metode ke-dua (tidak langusung)

Pada metode yang ke-dua ialah, polyester yang sudah terbentuk melalui proses polimerisasi akan didinginkan menjadi apa yang di sebut dengan brittke, yang kemudian akan dipotong kecil menjadi chips.

After that, chips tersebut akan dikeringkan (drying) dan kemudian akan dilelehkan pada suhu tinggi sekitar 260-270°C, setelah itu akan melalui proses spinning menggunakan apa yang disebut dengan spinneret.

Nah, dari sini olyester yang sudah terkumpul dalam cetakan spinneret akan diberikan campuran kimia untuk memperkuat keawetannya dan lalu akan di tekan keluar melalui lubang-lubang kecil sehingga polyester akan keluar dari lubang tersebut dan berbentuk helaian benang.

Jenis Kain Polyester yang sering kita Jumpai di Pasaran

maca maca kain polyester yang sering kita jumpai di pasaran.
dekoruma.com

Bahan polyester yang disini terbagi menjadi beberapa jenis, terutama yang digunakan untuk membuat pakaian.

Nah, berikut adalah kain polyester yang umum ditemukan di pasar dan juga banyak digunakan untuk membuat sandang sebagai berikut:

1. Bahan PE

Bahan PE adalah bahan yang menggunakan 100% polyester tanpa campuran bahan apapun, serta umum digunakan untuk pakaian yang diproduksi massal dikarenakan biaya produksinya lebih murah dari pada katun.

2. Bahan Lacoste PE Pique

Lacoste PE Pique atau wangki tersebut merupakan bahan yang ariginal di buat dari polyester yang berbentuk baju kerah atau yang dikenal dengan model polo.

Baju model polo ini juga memiliki lubang yang biasanya berada di setiap bagian berbentuk lubang pori-pori.

3. Lacoste CVC Pique

Bahan kain apa yang merupakan campuran dari polyester dan katun? Yups, yaitu ialah kain lacoste CVC pique.

Karena bahan ini memiliki kombinasi karakteristik dari dua jenis bahan tersebut dimana bahan ini memiliki daya serap keringat yang baik layaknya katun dan juga tahan lama karena adanya campuran dari dua bahan terbut.

4. Hycon

Ada yang tahu bahan apa yang di campurkan sehingga menciptakan bahan hycon? Ya bahan polyester dan sutra mampu menghasilkan suatu bahan berserat halus, tebal, lembut tapi tidak terasa licin.

Biasanya juga busana muslimah terbuat dari bahan hycon ini karena memiliki keunikan yang mana tebal, halus, lembut dan nyaman ketika di pakai.

Contohnya seperti:
Jilban, gamis, rok, gaun, dan lain sebagainya.

5. Woven

Mungkin anda bingung dengan kain satu ini, mengapa kain kasar ini termasuk di dalam sini.

Nah, jadi kain Woven ini adalah kain yang terlihat kasar akan tetapi ketika kita meraba kain ini tidak menunjukkan rasa kasar sekaligus malah sebaliknya kita akan merasakan kelembutan yang tercipta didalam kain ini.

Kain ini juga sering digunakan untuk membuat label baju.

6. Paragon.

Jenis tekstur kain ini mirip sekali dengan kapas, memiliki tekstur yang halus saat diraba. Bahan paragon memiliki sifat mengkilap seperti sutra dan sering digunakan untuk bahan dasar olahraga.

7. Satin

Kain satin memiliki sifat yang mirip seperti sutra yaitu bentuk kain yang mengkilap dan halus saat diraba salah satu sisinya, sementara sisi lainnya biasanya lebih kusam & kasar.

Kekurangan dan Kelebihan Bahan Polyester

kekurangan dan kelebihan kain polyester
dekoruma.com

Dari segala jenis kain dari A – Z tidak ada kain yang tidak memiliki kekurangan atau kelebihan, begitu juga dengan bahan polyester.

Sebelum anda ingin membeli kain ini alangkah baiknya jika anda mengenal lebih dalam dan mengetahui kekurangan and kelebihan dari kain polyester.

1. Kelebihan

Nah, apa saja kelebihan dari bahan polyester satu ini berikut dokumen detailnya:

  • Bahan tidak mudah kusut
  • Memiliki karakteristik bahan yang lebih cepat kering
  • Tahan terhadap pertumbuhan jamur, kuman maupun bakteri
  • Bahan polyester sangat cocok untuk digunakan di ruangan ber-AC ataupun di daerah yang memiliki suhu yang cukup dingin
  • Tahan terhadap pencucian kimia, pelarut organik, ataupun dry cleaning
  • Perawatannya yang mudah
  • Kualitas bahan polyester lebih awet dan tahan lama
  • Bahan tidak mudah berkerut

2. Kekurangan

Tentunya selain memiliki kelebihan kain ini juga memiliki kekurangan yang harus anda ketahui. Sama seperti halnya dengan manusia yang memiliki kekurangan dan kelebihan.

Nah, dari sini anda bisa mempertimbangkan ketika ingin membeli kain polyester berikut beberapa kekurangan:

  • Karakteristik bahan memiliki daya serap keringat yang sangat buruk
  • Bahan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Dapat menimbulkan iritas bagi beberapa orang yang tidak tahan terhadap bahan kimia dari bahan ini
  • Bahan mudah terbakar

Cara Merawat Kain Polyester dengan Mudah

cara merawat kain polyester dengan baik dan benar
dekoruma.com

Memang setiap kain itu memiliki cara tersendiri untuk menjaga keawetannya sehingga tidak mudah kusam dan lecek. Tapi tenang saja, untuk merawat kain satu ini tergolong sangat mudah, gimana caranya? Berikut cara merawat kain polyester.

1. Mencuci kain Polyester

Jika teman teman sekalian ingin mencuci baju yang berbahan polyester harap jangan mencuci dengan mesin cuci, lebih baik menggunakan tangan dan air hangat serta sabun cuci secukupnya.

Jika ingin baju memiliki noda, alangkah baiknya jika di sikat yang terkena noda saja. Jika biasanya anda meremas pakaian dengan cara di pelintir maka kurangilah, cukup seperlunya saja untuk membuang air sabun.

Setelah anda membilas dengan air bersih hingga beberapa kali, selanjutnya bisa langsung di jemur. Jangan lupa hindarkan kain dai pemaparan sinar matahari secara langusng.

2. Menyetrika yang Benar untuk Kain Polyester

Cara yang kedua, setelah kain yang di jemur sudah kering anda bisa langsung menyetrika dengan suhu yang medium. Saran saya untuk memakai kain katun tipis pada bagian yang menjol seperti saku dll. Hal ini dilakukan supaya tidak mengkilap pada bagian yang menonjol.

Nah, dari sini jika ada rekomendasi, saran, atau komentar harap tulis pada kolom komentar di bawah supaya kamu bisa merevisi kesalahan kami.

Semoga dengan ini bermanfaat dan bisa membantu anda untuk lebih mudah mencari kain polyester sekian terimakasih.

B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Katun

B A N N A
6 min read

Bahan Drill

B A N N A
4 min read

Bahan Moscrepe

B A N N A
3 min read

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.