B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Linen

4 min read

huckaback linen

Bahan Linen – Apa itu bahan linen? Bahan linen adalah salah satu jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat baju atau dress. Jenis kain juga terbuat dari serat alami.

Kain linen adalah kain tertua yang ada didunia. Kain linen merupakan jenis kain pertama di dunia yang dihasilkan dari proses pembuatan penenunan serat rami dan kain ini mulai muncul sejak zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia.

Pengolahan kain linen ini cukup terbilang sangat lama dari pada pembuatan kain dengan bahan kapas, sehingga keberadaan kain linen ini sudah tidak terlalu banyak seperti kain yang terbuat dari kapas.

Kain Linen untuk Dijadikan Pakaian

Kain linen jika dijadikan pakaian akan sangat cocok sekali apalagi di wilayah yang bercuaca panas dan dingin. Kain linen juga sangat cocok jika di jadikan kaos, karena kain ini bisa menyerap keringat berlebih. Sedangkan pada cuaca yang dingin, kain ini akan menghangatkan tubuh.

Kain linen yang dijadikan bahan untuk pakaian bisa di jadikan atasan blouse, kemeja, rok dan celana panjang. Serat yang terkandung dalam kain linen cenderung kasar justru memberikan kesan kain kuno yang eksotis.

Ciri ciri Kain Linen

Kain linen adalah salah satu bahan pakaian yang terbuat dari serat alami yaitu tumbuhan rami yang memiliki tekstur halus apabila disentuh dan kain linen terlihat sedikit mengkilap.

Kain linen ini terbuat dari serat alami rami yang mana salah satu jenis kain yang dikenal sepanjang sejarah. Hal ini di kemukakan oleh manusia sebagai bahan pembuatan dasar pakaian.

Tidak seperti bahan linen lainnya. Bahan linen memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, hal ini yang membedakan dengan jenis kain lainnya. Ingin tahu apa saja karakteristikya? Simak hal berikut ini

  1. Kain linen adalah jenis kain yang sangat bagus karena kualitas kain ini memang sangat bagus, kain juga memiliki kelembutan yang sangat istimewa berbeda dari jenis kain lain.
  2. Kain linen merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari bahan alami sehingga memiliki perbedaan dari kain kain lainnya.
  3. Nah, yang ke-3 adalah kain linen identik dengan warna yang putih natural dan sedikit pucat.
  4. Kain linen semakin sering di cuci maka akan semakin lembut ketika di pegang. Namun jika cara merawatnya tidak benar maka akan kain akan cepat rusak dan terlihat tidak menarik atau warnanya pudar.
  5. Jika pakaian terbuat dari bahan ini maka pakaian itu tidak akan mudah kotor dan kusut.
  6. Ketika kita menggunakan kain linen akan mudah rusak ketika berjamur, keringat dan juga pemutih baju yang berlebihan. Maka dari itu kain ini membutuhkan perawatan yang khusus.
  7. Bahan linen akan terasa sejuk ketika kain ini berada di daerah yang bersuhu hangat dan kain ini akan terasa hangat ketika kain ini berada di daerah yang dingin.

Kelebihan Kain Linen

Apakah anda tahu kelebihan dari bahan linen ini? Jika memang anda belom tahu, maka anda berkunjung ke tempat yang tepat karena kami disini akan menjelaskan kelebihan dari jenis kain linen ini.

Tidak di ragukan lagi jika kain linen ini memang memiliki berbagai kelebihan yang sangat cocok digunakan untuk usaha fashion. Berikut dari kelebihan kain linen:

1. Memiliki serat yang tebal

Atas prediksi yang kami cari jika kain linen memiliki serat yang lebih tebal dibandingkan dengan serat kain lain. Inilah yang membuat kain linen sangat berkualitas dan menjadikan kain tingkat menengah ke atas.

2. Tidak Panas atau gerah saat di pakai

Kain linen terkenal memiliki kualitas kain yang adem, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan fashion gamis atau hijab.

Ketika anda menggunakan fashion dari bahan linen anda akan merasakan kesejukan yang ada dalam kain ini

3. Memiliki Tekstur yang Lembut

Sudah menjadi hal yang sangat wajar, jika seluruh jenis kain terbuat dari bahan serat alami, pasti memiliki tekstur yang lembut. Kain linen memang sangat halus, sehingga banyak sekali orang yang menyukai kain ini, dari kalangan atas hingga kalangan bawah.

4. Kain tidak gampang rusak atau terurai

Selain memiliki serat yang halus, kain ini juga tidak gampang rusak yang mana kain ini memiliki susunan benang yang sangat rapi dan tidak mudah terurai.

Tidak seperti kain yang terbuat dari bahan kapas yang serung terburai. Kain linen memiliki bahan yang sangat bagus sehingga tidak mudah terburai atau dengan bahasa yang njabrut.

Kekurangan Kain Linen

Setelah kita melihat kelebihan dari kain linen, sekarang kita akan melihat apa saja sih kekurangan dari kain linen. Ingin tahu apa saja itu, tuk baca selengkapnya di bawah ini.

1. Bahan yang tergolong berat

Bagi anda yang tidak menyukai kain yang berbahan berat, maka bahan kain ini mungkin tidak cocok untuk anda. Nah, sebagai gantinya anda bisa memilih kain katun yang berbahan tidak berat.

Bahan kain yang berat memang sangat merepotkan sehingga menyusahkan kita saat proses pencucian ataupun pengeringan. Meskipun kain ini tergolong berat tapi masih relatif dan bahan kain ini terdiri dari banyak jenis kain.

Misalnya saja jenis bahan kain linen look yang banyak orang mengatakan bahwa kain ini merupakan salah satu dari kain yang terberat, namun ada sebagian orang yang menganggap hal ini biasa saja. Mungkin sebagian menganggap hal biasa karena kainnya tebal dan dari situ dianggap biasa saja.

2. Mudah terurai atau njabrut

Mengapa kok kain linen mudah terurai? Karena serat kain ini terlihat besar, sehingga sangat dengan mudahnya untuk jabrut/terurai. Cara menghindari hal ini, kita harus bisa merawat kain linen dengan benar supaya tidak cepat rusak, kain ini membutuhkan perawatan khusus.

Dengan kita melakukan obras pada di ujung kain linen, hal itu (terurai) akan dapat mencegah supaya benangnya tidak mudah terurai.

Cara Merawat Kain Linen

Mungkin ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan pada kain linen. Mungin juga ada usulan dari orang orang sekitar kita, tapi mereka memiliki berbagai macam trik untuk merawatnya dan berbeda dari orang satu dengan orang 2.

Nah, berikut ini adalah cara merawat kain linen yang benar dan sudah teruji.

  1. Sesegera mungkin untuk mencuci ketika terkena noda.
  2. Jika memang bisa cucilah kain ini dengan tangan (manual) jangan menggunakan mesin cuci.
  3. Ketika anda ingin merendam kain linen, sebisa mungkin untuk memisahkan kain yang warna mencolok dan tidak mencolok.
  4. Basahi baju terlebih dahulu sebelum merendamnya dengan menggunakan detergent.
  5. campurkan detergent hingga benar benar rata sebelum memasukkan pakaian.
  6. bilas menggunakan air bersih lalu peras secara perlahan supaya tidak terlalu kusut nantinya.
  7. Setelah pakaian terlihat kering maka segera angkat dari jemuran dan langsung di setrika.
  8. Simpan baju ditempat yang bersih supaya tida kotor berdebu dan mudah berjamur.
  9. Oooh iya, jangan menjemur pakaian langsung terkena sinar matahari usahakan ada pelindung agar tidak lengsung dari sinar UV.

Jenis Jenis Bahan Linen

Kain linen di kenal sebagai salah satu jenis kain yang cantik, nyman dipakai dan awet karena terbuat dari serat alami tanaman rami. Berdasarkan dari tekstur dan cara menenunnya, kain linen ini memiliki garis besar dan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

Linen Damask

inilah salah satun jenis kain yang sangat terkenal
id.aliexpress.com

Kain linen damask adalah jenis kain yang berpola pattren reversible yang terbuat dari sutra, wol, linen, katun, atau serat sintesis, dimana pola yang terbentuk berasal dari proses tenun.

Linen Halus

ini adalah salah satu jenis kain yang sangat terkenal
plazakain.com

Kain linen halus sangat berbeda dengan kain sebelumnya, yang mana kain ini di tenun dengan sangat longgar sehingga dapat menyerap air dengan cepat.

Kain linen halus biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan popok dan handuk.

Linen Kasar

berbagai macam jenis kain yang eksotis

Kain linen kasar berdominan lebih berat dan kaku, sehingga biasanya kain ini hanya digunakan sebagai baju pekerja berat seperti tukang bangunan, penggiling daging DLL.

Linen Plain Woven

linen model terbaru yang sangat disukai oleh masyarakat

Kain plain-Woven adalah jenis kain yang biasanya digunakan sebagai menyeka gelas. Biasanya kain ini memiliki warna gabungan dari merah dan biru dengan latar belakang yang berwarna putih.

Linen Holland

toko kain beraneka

Kain linen Holland adalah bentuk dari salah satu dari kain linen yang memiliki tenunan longgar. Kain ini dibuat dengan mencapurkan minyak dan Pati, sehingga warna yang di hasilkan cukup buram dan tahan akan sinar matahari. Kain ini biasa digunakan sebagai penutup jendela dan lampu.

Linen Cambric

tokopedia

Kain Cambric adalah kain yang berasal dari wilayah Cambria, Prancis tempat dimana tempat asal kain ini di produksi dan pada biasanya kain ini di gunakan untuk dijadikan sapu tangan atau sebaginya.

Linen Huckaback

huckaback linen

Nah, yang terakhir ialah kain huckaback, kain ini memiliki berbagai macam variasi lain dari kain linen yang dihasilkan dai linen murni.

Apakah kamu tahu jika kain ini di tenun dengan tangan dan benang twisted yang sangat halus, sehingga kain ini digunakan untuk dijadikan handuk.

Toweling ialah nama untuk sejian banyak jenis linen yang cocok untuk menghasilkan handuk dalam berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga yang large.

Nah, bagaimana? Apakah anda sudah menemukan apa yang anda cari? Jika belum mungkin anda bisa mencarinya di link ini tekan selengkapnya

B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Katun

B A N N A
6 min read

Bahan Drill

B A N N A
4 min read

Bahan Moscrepe

B A N N A
3 min read

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.