B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Katun

6 min read

Bahan Katun yang bagus tentunya banyak dicari dan di incar oleh banyak orang hanya untuk dijadikan sebuah busana. Katun sendiri adalah jenis kain yang terbuat dari seral alami tanaman kapas dengan nama latin gossyoium.

Katun termasuk salah satu menduduki posisi tertinggi sebagai bahan aku tekstil yang paling banyak diproduksi jika di bandingkan dengan sintesis. Baik mari kita lanjutkan dengan menganal kain katun dengan baik, berikut:!

Ciri-Ciri Bahan Katun

mengenal kain ketun dengan benar cara ukhwahkawan.com
olympics30.com

Dari setiap jenis kain pasti memiliki ciri-ciri sama halnya dengan kain katun ini juga memiliki karakteristik yang berbeda dari kain lain. Berikut karakteristiknya.!

  1. Tekstur kain yang lembut dan halus
  2. Nyaman dikenakan
  3. Kain mudah dirawat
  4. Kain tidak mudah pudar dan tahan lama
  5. Cocok untuk di berbagai daerah dan Negara
  6. Tidak membuat alergi
  7. Mudah menyerap keringat

Jenis Kain Katun yang Wajib di Coba

berbagai macam jenis kain katun yang terkenal
insidenesia.com

Tentunya kita pasti sering melihat kain katun tapi kita tidak tahu nama dari kain itu. Maka dari itu kami disini akan meyediakan beberapa nama nama katun yang sering ada di pasaran dan yang kami rekomendasikan.

Berikut ada beberapa nama katun yang sudah kami siapkan untuk anda, diantaranya ialah:

1. Katun Supernova

jenis kain supernova yang sangat di rekomedasikan oleh pembuatan baju
aminama.com

Ada beberapa jenis karakteristik dari kain katun ini yang bahannya dingin, lembut, halus dan tergolong bahan yang ringan ketika di kenakan.

Apabila anda mengamati kain ini dengan seksama maka anda kan melihat jelas serat-serat benang halus yang terburai tipis pada permukaan kain katun. Jadi ini adalah salah satu ciri dari kain katun.

Biasanya jenis kain Supernova digunakan sebagai bahan pembuatan fashion seperti baju gamis, baju koko, baju formal, baju syar’i dan juga salah satu untuk di jadikan jilbab.

2. Katun Ima Polos dan Ima Slub Import

jenis kain katun ima polos yang sangat disukai oleh pecinta kain
mizutex.com

Ada jenis katun yang hampir mirip ketika di lihat salah satunya ialah ima polos dan ima slub yang terlihat mirip. Tapi berbedaan kain ini ada di bagian teksturnya jika kita lebih detail untuk memperhatikan.

Katun ima polos memiliki tekstur yang mulus halus serta motif yang polos.

Katun ima slub memiliki permukaan benang yang berselang seling di setiap kita melihatnya.

3. Katun Ima Royal Platinum

kain katun yang satu ini tidak kalah dengan katun lainnya
aminama.com

Ada salah satu jenis kain katun yang kami rekomendasikan adalah katun ima royal platinum. Jenis katun ini memiliki tekstur kotak-kotak kecil yang terlihat jelas pada permukaan kainnya.

Karakteristik lainnya dari kain ima royal platinum yaitu kainnya tidak berat yang jelas sangat ringan, tidak terlalu jatuh dan tidak terlalu menerawang.

4. Katun Toyobo Original Import

jenis kain katun toyobo import yang terkenal
mizutex.com

Jika katun ini dibandingkan dengan yang lainnya, katun toyobo original iport dapat menjadi bahan yang paling di rekomendasikan oleh kami. Katun satu ini memiliki ciri khas yang tidak kaku, ringan, tidak menerawang, halus, dingin dan kainnya sedikit licin.

Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat gamis, jilbab, baju koko dan dress sejenisnya. Kualitasnya termasuk kulitas bagus.

Warning – perlu di ketahui jika jenis kain ini sudah banyak versi-KW nya. Harga dari katun KW ini ga masuk akal. Padahal informasi harga yang telah kami riset, katun toyobo original import dari jepang memiliki nilai sekitar 45.000/m.

5. Katun Toyobo Fodu Import Premium

kai katun toyobo fodu
mizutex.com

Katun jenis toyobo fodu adalah salah satu katun yang memiliki grade diatas katun toyobo roginal dan memiliki serat benang yang rapat dan sedikit lebih tebal.

Jenis kain ini terlihat sedikit mengkilap sehingga kain ini tampak sedikit berkelas.

Tapi ini juga yang perlu anda ketahui, jenis produk kain katun ini juga memiliki banyak sekali versi KW nya bahkan sampai disamakan dengan namanya, jadi anda harus tahu karakteristik kain ini sehingga anda tidak mudah di bohongi.

6. Katun Medinah

katun madinah tapi bukan dari kota madinah hanya nama saja
aminama.com

Saat anda memilih kain katun madinah anda harus memperhatikan karakteristiknya terlebih dahulu. Kain ini memiliki keringan pada kain, sangat lembut, dingin dan tidak menerawang. Jenis kain katun ini juga sangat cocok apabila di jadikan bahan untuk membuat dress gamis syar’i seperti jilbab dan lain lain.

7. Katun Linen Euro

jenis kain yang biasa digunakan sebagai baha dress
mizutex.com

Jenis kain ketujuh yang kami rekomendasikan ialah katun linen euro. Jenis dari kain katun ini memiliki serat benang yang longgar dan juga besar sehingga kita dapat melihat dengan jelas.

Meskipun terlihat besar dan longgar, bahan kain ini sangat cocok untuk di gunakan sebagai bahan dasar casual karena sifat kainnya yang lembut dan dingin saat menyentuh kulit.

8. Katun Combad

katun kombed
aminama.com

Katun combad adalah jenis kain yang sering kita jumpai dan biasanya bahan kain ini digunakan untuk membuat kaos. Jenis kain ini memiliki karakteristik bahan yang sangat lembut, halus dan tentunya mampu menyerap keringat berlebih.

Pada katun satu ini terdapat tingkatan ketebalan yang ada di dalamnya, seperti halnya:

  1. Combad 24s (memiliki bahan yang tebal dan harganya lebih murah di bandingkan dengan katun 30s)
  2. Katun combad 30s (bahanya sedang dan sering sekali untuk di gunakan sebagai bahan pembuatan kaos)
  3. Combad 40s (bannya sangat tipis)

9. Katun Denim

lihat beberapa jenis kain katun demin yaitu jeans dan lain lain
aminama.com

Pada umunya kain katun ini biasa digunakan oleh para produsen pembuat pakaian seperti celana hingga jaket. Mungkin sobat memiliki celana yang namanya jeans dan Levi’s. Nah, itu semua adalah salah satu model dari celana denim sedangkan jeans dan levi’s itu adalah nama brand celana atau jaket.

10. Katun Flanel

jenis kain yang sering di gunakan untuk membuat dress baju kemeja
aminama.com

Kain flanel adalah suatu bahan yang sering di gunakan untuk membuat bahan kemeja trendy jaman now yang baru tenar. Pada umunya flanel juga memiliki ciri-ciri kotak kotak dan memiliki serabut yang menonjol keluar.

Jenis katun ini dibuat dengan teknik tenun plain weave, yang kemudian dilanjutkan dengan proses penyikatan di salah satu sisinya dengan menggunakan mesin untuk menghasilkan tekstur permukaan yang lembut sehingga tidak memiliki kecacatan sedikitpun.

11. Katun China

kain katun yang motifnya mirip dengan motif china
aminama.com

Jenis katun ini sangat terkenal di pasaran dan biasanya orang orang menyebutnya dengan nama kain twill. Kualitas kain ini setara dengan jenis katun jepang.

Katun ini memiliki karakteristik bahan yang lebih tipis dari katun lain dan warna yang tidak begitu mencolok. Terkadang kualitas dari bahan kain ini kurang begitu bagus bagi produsen kain.

12. Katun Rayon

kain rayon yang sangat menawan
mizutex.com

Katun rayon adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat dress muslim dan muslimah.

Kelemahan yang ada pada kain satu ini ialah mudah kusut. Meskipun demikian bahan rayon tergolong adem, teksturnya licin dan ringan serta kualitas daya serap keringatnya cukup baik.

13. Katun Silk Sutera

kain jenis katun yang menyerupai sutra
aminama.com

Jenis kain nomor tiga belas adalah silk sutera merupakan hasil dari kombinasi antara sutera dengan katun. Bahan kain ini memiliki ciri khas dengan tekstur sutera, yaitu saat di raba terasa licin, berbahan adem atau dingin dan juga ketika diraba akan terasa lembut dan halus.

Meskipun kain ini tergolong kain yang sangat ringan di pegang, tapi kain ini juga termasuk salah satu kain yang awet dan kuat tahan lama.

14. Katun Satin Jepang

bahan yang hampir sejenis dengan kimono jepang
mizutex.com

Nama katun ini diambil dari tempat asal memproduksi material katun ini yaitu negara Jepang, mangkannya namanya satin jepang.

Nah, ciri-ciri dari kain satin sepang adalah memiliki tekstur kain yang lembut ketika di pegang, warna yang cukup kuat dan saat dikenakan kain ini terasa sejuk dingin.

15. Katun Carded

kain karded
aminama.com

Katun carded memiliki karakteristik bahan yang tidak sehalus dan selembut kain combed. Walau demikian, jenis katun ini memiliki daya tahan serap keringat yang sangat kuat.

Pada proses pembuatan katun combad, proses yang digunakan adalah cara sisir atau combing. Kemudian serat serat yang terdapat dari hasil pembuatan tersebut dipilih untuk membuat benang, yang nantinya akan di gunakan untuk membuat kain katun.

Sedangkan model pembuatan katun carded menggunakan langkah garuk, sehingga menghasilkan serat pendek yang masih menyatu, hal inilah yang menyebabkan benang kain yang dihasilkan tidak sebagus katun combad.

Kekurangan dan Kelebihan Kain Katun

kekurangan dan kelebihan kain katun yang harus kita ketahui
aliexpress.com

Jika tadi sudah membahas tentang jenis jenis kain katun, sekarang kita akan membahas apa saja kekurangan pada kain katun ini. Simak hal berikut ini.

Kelebihan dari Kain Katun

Setiap benda yang kita gunakan pasti memiliki kelebihan tersendiri dan disini kami akan membahas kelebihan kain katun ingin tahu apa saja itu? Berikut kelebihan kain katun:

  1. Mampu menyerap keringat dengan sangat baik
  2. Ketika bersentuhan dengan kulit akan terasa sangat lembut
  3. Kain katun sangat kuat dan awet tahan lama
  4. Ketika digunakan tidak terasa panas

Nah, sekian kelebihan dari bahan katun, selanjutnya kami akan membahas tentang kekurangan kain katun simak heading berikut.

Kekurangan dari Kain Katun

Setelah kita membahas tentang kelebihan kain katun kita juga akan membahas kekurangannya, tidak afdhol dong kalau kita hanya membahas tentang kelebihannya saja. Berikut kekurangan kain katun yang sudah kami telusuri.

  1. Kain katun mudah kusut ketika dikenakan
  2. Mudah luntur
  3. Membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan

Nah, tadi adalah beberapa kekurangan dari kain katun. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

Cara Merawat Kain Katun dengan Benar

cara menyetrika kain katun dengan benar
www.dlaundry.info

Nah, selain kita belajar tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan kain katun kita juga wajib belajar tentang cara merawatnya, jika tidak bisa merawat mending tidak usah memakai dress dengan bahan katun.

Berikut 5 langkah yang benar untuk merawat dress yang berbahan katun:

1. Menggunakan Sabun Cuci Secukupnya

Pada saat kita mencuci kain katun kita tidak boleh melebih-lebihkan detergen, karena selain pemborosan juga salah satu zat yang bisa merusak kain katun. Oleh karena itu gunakanlah detergen secukupnya saja dan sebaiknya menggunakan detergen yang soft.

2. Mencuci Kain dengan Manual

Sebaiknya pakaian anda yang terbuat dari bahan katun dicuci dengan menggunakan tangan biasa atau manual. Cara megucek kain ini tidak boleh terlalu barbar. Kalaupun terpaksa karena adanya noda yang menempel pada kain tersebut maka kucek secara perlahan namun sedikit menggunakan tenaga.

Hal ini untuk menghindari adanya gesekan kasar pada pakaian yang terlilit antara satu dengan yang lainya.

3. Menghindarkan Menjamur dari Sinar Matahari

Untuk proses penjemuran pada kain katun satu ini, sebaiknya tidak di jemur dibawah terik sinar matahari secara langsung. Cukup di bawah atap yang teduh dan mendapatkan sedikit angin supaya warna tidak mudah pudar dan kusut.

4. Gunakan Suhu yang Standar untuk menyetrika Kain Katun

Sobat bisa mengatur suhu pada setrika ketika ingin menyetrika baju khususnya kain katun. Usahakan supaya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin ukurannya panasnya standar.

Jika suhu panas terlalu kecil maka akan menyulitkan kita ketika hendak menyetrika kain yang berbahan dasar katun.

5. Menggunakan Lapisan Ketika Menyetrika Kain Katun

Saat anda menyetrika kain katun hendaklah untuk melapisi dengan lapisan yang lumayan tebal. Anda bisa menggunakan sepotong kain bersih yang dapat melapisi kain katun agar tidak kusut dan mudah untuk di setrika.

Tips yang kami sampaikan ini adalah opsional, anda bisa menggunakannya dan jika tidak ingin juga tidak apa-apa.

Sebenarnya cara yang kami buat ini hanya untuk meminimalisir kekusutan pada kain katun ketika di setrika.

Mungkin sekian informasi yang bisa kami berikan kepada yang terhormat bapak ibu akang dan mbak mbak. Semoga bermanfaat see you.

B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Bahan Linen

B A N N A
4 min read

Bahan Drill

B A N N A
4 min read

Bahan Moscrepe

B A N N A
3 min read

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.