B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

Antisipasi Virus Corona (COVID-19)

4 min read

Antisipasi Corona Virus – Apa itu corona virus? apakah ada yang tahu wabah apa ini? Corona adalah sebuah wabah mematikan yang berasal dari Wuhan, China pada desember 2019.

Virus corona atau covid-19 ini termasuk virus yang mudah menyebar kewilayah lain termasuk negara Indonesia.

Corona virus adalah kumpulan partikel-partikel kuman yang mampu menginfeksi sistem pernafasan. Ada banyak kasus tentang virus corona ini yang menyebabkan infeksi pada jaringan pernafasan, seperti flu dan membuat sesak nafas (pneumonia).

Antisipasi Virus Corona

kenali gejala virus corona disini

Gejala Corona atau Covid-19 dapat meyebabkan penderitaan seperti gejala flu, sesak nafas, demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala sama halnya seperti masuk angin biasa.

Gejala yang berat semisal penyakit infeksi pernafasan seperti deman tinggi, batuk berdahak hingga menyebabkan keluarnya darah, sesak nafas dan nyeri dada.

Lalu apa saja yang dapat menandakan gejala terkena virus corona? Ada tiga hal yang harus kita perhatikan diantaranya ialah:

  • Deman (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius)
  • Batuk
  • Sesak nafas (seperti orang terkena asma)

Menurut penelitian para dokter seluruh dunia, COVID-19 muncul atau mulai terlihat dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terkena virus mematikan ini.

Kapan Kita Harus Pergi Ke-Dokter

saat terkena virus corona kita harus konsul ke dokter

Kami menyarankan supaya sesegera mungkin untuk konsultasi ke dokter setelah merasakan gejala-gejala seperti di atas. Karena ditakutkan itu adalah penyakit Corona atau Covid-19 yang sedang memanas saat ini.

Kami juga menyarankan supaya tidak berinteraksi kepada siapapun, ditakutkan orang yang anda ajak bicara sudah terpapar Covid-19.

Apabila anda terpapar virus mematikan ini namun tidak merasakan gejala apapun, Anda tidak perlu pergi kerumah sakit untuk memeriksakan diri, cukup anda tinggal di rumah untuk mengisolasi diri selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Apasih Penyebab Corona/Covid-19

apasih oenyebab virus corona
compas.com

Infeksi virus Corona atau bisa kita sebut dengan COVID-19 disebabkan oleh sekelompok virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Pada sebagian kasus ini virus corona hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan hingga sedang. Sperti flu dan penyakit kecil lainnya.

Ada dugaan bahwa virus corona awalnya ditularkan oleh hewan ke manusia, tapi virus ini juga dapat tertular melalui manusia ke manusia.

Bagai mana manusia dapat tertular COVID-19 berikut caranya:

  • Tidak sengaja menghirup semburan bersin atau batuk seseorang yang ada di dekat kita (Penderita COVID-19).
  • Menyentuh hidung atau wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
  • Berkomunikasi dengan orang yang memiliki COVID-19, misalnya berbicara, berjabat tangan, atau lain sebagainya.

Setiap orang dapat terkena virus Corona, akan tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan lebih fatal jika terjadi pada orang yang lanjut usia seperti, ibu hamil, orang yang sedang terbaring di kasur (sakit) dan juga orang yang daya tahan tubuhnya sangat lemah.

Mengobati Virus COVID-19

cara mengobati virus corona denga benar
holadoc.com

Para ahli mengungkapkan jika penangkal virus ini belum di temukan, tapi para dokter dapat meredakan penyakit atau gejala ini supaya tidak menyebar ke tempat lain.

  • Merujuk kepada penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan atau karantina di rumah sakit yang ditunjuk dan yang memiliki fasilitas elit.
  • Memberikan obat pereda nyeri kepada orang yang terkena COVID-19 yang sesuai dengan kadar di deritanya.
  • Menganjurkan untuk istirahat yang cukup bagi penderita COVID-19.
  • Bagi yang sudah maupun belum terkena COVID-19 harap minum air putih secukupnya minimal 2L/hari untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh.

Asbab Terkena Virus Corona

kenapa bisa terkena virus corona
detektifnews.com

Pada kasus yang memanas ini kita bisa mengetahui jika virus ini bisa mengkomplikasi serius, seperti halnya berikut:

  • pneumonia
  • Infeksi skunder pada organ lain
  • Gagal ginjal
  • Acute Cardiac injury
  • Acute respiratory distress syndroom
  • Kematian

Cara Mencegah Virus Corona atau COVID-19

pencegahan dengan mudah dan alami
jabar.inews.id

Mungkin anda ingin menjauh kan keluarga dan kerabat dari virus corona ini. Kami memiliki beberapa cara untuk menghindarkan anda dari virus corona atau COVID-19 ini seperti halnya berikut:

1. Mencuci Tangan Setiap Saat

Cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air yang mengalir bukan air yang menggenang, atau bahkan mencuci dengan air yang mengandung alkohol sebesar 70-90%.

2. Terapkan Menjaga Jarak

Seperti yang sudah kita ketahui jika kita melihat orang yang sedang bersin atau batuk hendaklah untuk menghindar dari mereka, karena ditakutkan mereka terkena COVID-19 yang dapat menularkan virus ke anda.

3. Berhenti Menyentuh Muka dan Hidung

Berhentilah untuk menyentuh bagian wajah dan hidung karena virus ini bisa berpindah melalui mata, hidung, atau mulut setelah berkontaminasi dengan banyak orang. Dari sanalah virus dapat menyerang organ tubuh kita dan membuat kita sakit.

4. Lakukan Bersin yang Benar

Jika anda ingin bersin hendaklah untuk menutupi area mulut dengan tisu atau sapu tangan dengan menekuknya. Setelah itu, buanglah tisu tersebut karena ada banyak virus yang tersebar di dalam tisu yang telah di gunakan untuk bersin.

5. Segera Periksa Ke-Dokter

Jika anda merasa tidak sehat maka hendaklah diam di rumah. Jika anda merasakan sakit atau demam hendaklah untuk segera pergi ke dokter atau bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Mengapa kita harus mengikuti otoritas? Karena otoritas nasional maupun daerah memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah yang sedang kita tinggali.

Antisipasi Virus Corona dengan Benar

bagaimana mencegah penyebaran virus corona
holadoc.com

Dinegara kita ini sedang terjadinya krisis virus corona, karena itu lembaga dan dapartemen pemerintahan mengumumkan untuk meliburkan dan menutup sekolah dan tempat kerja. Bahkan hingga ibu kota Jakarta sendiri akan di lock down karena bahayanya virus corona ini.

Jika kita ingin meng antisipasi virius corona kita harus berjuang dan harus menerapkan hal hal yang sudah kita baca di atas tadi. Karena dengan kita menerapkan cara cara di atas, insyaallah kita akan terhindar dari virus corona.

Antisipasi dengan Had Sanitizer

Seperti yang sudah kita ketahui jika hand sanitizer mampu membunuh kuman yang ada pada tangan kita, karena penyebaran virus ini bermula dari berjabat tangan.

Antisipasi dengan Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan memang hal yang sering kita lakukan ketika hendak makan dan melakukan aktifitas lain.

Selain itu kita juga wajib mencuci tangan supaya terhindar dari salah satu virus yang berbahaya ini. Hal ini hanya bentuk antisipasi saja.

Cara Membuat Hand Senitizer Sendiri

cara mudah membuat hand sanitizer

Supaya kita terhindar dari penyakit COVID-19 kita harus selalu mencuci tangan dan bagai mana cara kita mencuci tangan saat kita berada di luar rumah dan di saat itu tidak di temukan air mengalir.

Nah, karena itu di artikel ini, kami menyediakan tutorial membuat hand senitizer dengan begitu anda akan terbebas dari penyakit saat menggunakan semprotan yang anda buat.

Bagaimana langkah-langkahnya? Berikut adalah langkah-langkah membuat cairan hand senitizer untuk tangan tercinta anda.

Alat yang Perlu Digunakan untuk Mmebuat Hand Senitizer

  1. Wadah takaran seperti mangkuk kaca
  2. Sedotan Stainless steel
  3. Botol spray untuk wadah cairan

Bahan yang Perlu Kita Gunakan

  1. Ambil 2/4 cangkir Aloe Vera yang berbetuk gel, jika tidak ada bisa di ganti dengan gliserol atau bisa kita gunakan keduanya.
  2. 1/4 cangkir gliserol atau gliserin (alkohol gula yang diekstrak dari lemak nabati).
  3. Ambil 3 cangkir alkohol dengan kadar 60%, tapi kali ini kita menggunakan kadar 75%. WHO menggunakan 80% ke atas.
  4. Tea tree atau minyak essensial secukupnya, opsional karena tidak wajib.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Mudah

  1. Langkah pertama adalah campurkan 3/4 aloe vera dan gliserin atau pilih salah satu dengan takaran 3/4 cangkir tersebut. Bila kita menggunakan aloe vera hand sanitizer akan berbentuk cair dan jika kita menggunakan gliserin maka hasilnya akan menakjubkan.
  2. Takaran lain bisa menggunakan 1/3 gliserin dan di tambahkan 2/3 aloe vera.
  3. Pertama masukkan 3 cangkir alkohol dalam wadah takar atau countainer yang bisa menakar dan menampung.
  4. Lali tambahkan 1/4 cangkir gliserol
  5. Masukkan 2/3 cangkir aloe vera. Aduk campuran tersebut hingga tercampur sempurna.
  6. Terakhir campurkan minyak antiseptik seperti tea tree oil atau minyak essensial. Terutama untuk anda yang memiliki kulit sensitif, bisa mgnhindari langkah yang satu ini.
  7. ketika sudah jadi, langkah terakhir adalah memasukkan cairan tersebut ke-dalam botol sprai yang sudah di siapkan
  8. lalu hand sanitizer siap di gunakan dan siap untuk membersih kuman di tangan tercinta anda.

Tips Saat dalam Proses Pembuatan Hand Sanitizer

Selain kami memberi cara membuat kami juga memberikan beberapa tips supaya memper mudah anda untuk mengawetkan hand sanitizer sampai tahan lama. bagai mana caranya? berikut caranya.

  1. Saat anda membuat hand sanitizer sebaiknya anda membuat di tempat yang suhunya dingin seperti di tempat yang ber AC.
  2. Simpan hand sanitizer di tempat yang dingin seperti lemari dingin.
  3. Saat pembuatan hand sanitizer hindarkan dari api dan asap rokok ketika di dalam ruangan, karena akan membuat hand sanitizer rusak.
  4. Ketika anda membuat hand sanitizer hindarkan dari terik sinar matahari secara langsung.

Selamat Mencoba gesss.

B A N N A Hanya seorang pelajar yang ingin membahagiakan orang yang disayang (keluarga).

masak sudah baca tidak mau comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.